Selasa, 20 November 2012

Harumnya Kopi (1)


Informasi Berikut diperoleh dari pertemuan dengan teman-teman SKAI (Surabaya Kopi Art - Indonesia)

Kopi adalah pohon yang masuk dalam family Rubiaceae dan terdapat 66 macam genus coffea, namun hanya 3 yang ditanam untuk kepentingan komersial :
- Arabika ( coffea Arabika )
- Robusta ( coffea Canephora )
- Liberika ( coffea Liberica )
Pohon kopi pertama kali ditanam di arab dan saat orang Eropa mulai mengenalnya mereka berniat ingin memasarkannya. Seiring dengan perkembangan pasar, bangsa Eropa mulai beroikiran untuk menenemnya sendiri untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi daripada sekedar menjadi distributor.
Belanda berhasil mendapatkan dan membawanya ke Indonesia untuk ditanam. Bibit Liberika di dapatkan dari Kongo, namun saat pertama kali ditanam terkena penyakit. Bibit Robusta oleh Belanda pertama kali ditanam di daerah Gunung Kawi.

Kopi Arabika merupakan kopi yang menjadi favorit penikmat kopi dunia, namun ditakuti bahkan cenderung di benci oleh peminum kopi di Indonesia karena rasa asam yang dimilikinya dan dikhawatirkan menyebabkan sakit perut.
Padahal apabila dihitung kadar PH yang dimiliki oleh kopi adalah 2 - 2,5 tidak cukup asam dibandingkan cuka yang biasa digunakan oleh orang Indonesia sebagai bumbu masak maupun pelengkap hidangan.
kata kunci yg biasa digunakan oleh penikmat kopi Indonesia untuk kopi Arabika adalah : Acidity, complex, wangi/aroma.

Kopi Robusta merupakan kopi yang dicintai oleh petani Indonesia, karena tahan penyakit dan rasa sesuai dengan mulut & karakter orang indonesia
kata kunci yg biasa digunakan untuk robusta ini adalah : kental & pahit

"beans of the best flavour which are produced in special microclimates"- Erna Knutsen, 1974, Tea & coffee trade Journal.
Yang mempengaruhi microclimates adalah karakter tanah & lokasi tersebut.
" Coffee which scores 80 point or above on a 100 point scale is graded 'speciallity'. Speciallity coffee are grown in special and ideal climates, and are distnctive because of their full cup taste  and little to none defacts. The unique flavours and taste are a result of the special characteristic and composition of the sols in which they are produced." - SCAA (Speciallity Coffee Association of America)


Semoga sedikit ilmu ini berguna bagi teman-teman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar