Senin, 11 Februari 2019

Citarasa dan Aroma Kopi

Berbicara Citarasa dan Aroma Kopi, rasanya tidak cukup dalam sebuah cerita singkat dalam satu ulasan tulisan blog ini :)

Tapi untuk akan kami coba memudahkan sebuah cerita awal untuk melakukan perjalanan dalam mengenal citarasa dan aroma kopi, tidak hanya kopi Indonesia, tapi kopi di dunia pada umumnya.

Rasa kopi adalah sebuah cerita panjang dari biji kopi, mulai awal tumbuhnya di suatu daerah, ketinggian datarannya, area penanamannya, kandungan unsur tanah, dan beberapa hal lain yang menentukan kontribusi pertumbuhan tanaman kopi itu sendiri.

Sejak mulai tumbuhnya tanaman kopi itu sendiri, proses perawatan tanaman kopi, proses panen nya, pasca panen, proses membersihkan biji kopi dari kulitnya sampai level roasting kopi itu sendiri, menentukan bagaimana rasa kopi sampai di bibir kita, lidah kita dan sampai melewati tenggorokan kita, merupakan proses yang sangat menarik dipelajari.

Di Indonesia yang merupakan negara kepulauan misalnya, tiap kopi yang tumbuh di daerah berbeda memiliki citarasa berbeda pula.

Misalnya, Kopi Sumatera adalah salah satu kopi paling terkenal di dunia. Kopi Sumatera yang paling terkenal berasal dari Sumatera Utara dengan kopi Sidikalang, Lintong dan Mandheling. Kopi Sumatera memiliki cita rasa yang berat. Bisa dikatakan paling berat dan kompleks di antara jenis-jenis kopi yang ada di dunia.

Kopi yang berasal dari daerah Kintamani Bali nan sejuk ini memang memiliki keunikan cita rasa yang berbeda dari kopi di daerah lain di nusantara. Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar.

Tana Toraja adalah daerah yang diberkahi tanah tempat kopi tumbuh subur dengan kualitas yang tak kalah baik dari kopi dari daerah lain. Rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi menjadikan kopi Toraja diminati pasar yang memang menyukai kopi dengan keasaman tinggi. Meskipun sering disebut-sebut bercita rasa mirip dengan kopi Sumatera, tapi kopi Toraja memiliki ciri sendiri yang tentunya berbeda.

Siapa yang tidak kenal dengan kopi Aceh Gayo yang sudah tersohor kenikmatannya? Kopi yang berasal dari daerah Tanah Gayo Aceh Tengah ini menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat maupun yang diekspor ke luar negeri. Kopi Gayo memiliki ciri unik dengan kekhasan aroma yang berbeda dengan kopi-kopi lain di Indonesia.

1 komentar: